Apa Itu HTML ?

HTML kependekan dari HyperText Markup Language. Yaitu suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang dapat dibaca dari satu platform komputer ke platform komputer lainnya,tanpa perlu melakukan suatu perubahan apapun. HTML tidak hanya mampu menampilkan teks tapi juga dapat menampilkan format-format lain dari teks tersebut, misalnya tabel, list, form, frame serta dapat digabungkan dengan obyek suara, gambar, video maupun Java.
Dokumen yang berisi script HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam bentuk website. Dokumen HTML disebut markup language karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Kita dapat menentukan baris-baris mana yang merupakan judul, menentukan gambar yang harus tampil dan pengaturan format teks dan lain sebagainya.
Saat ini banyak sekali software yang digunakan untuk mendesain web, seperti Adobe GoLive, FrontPage, Macromedia Dreamweaver dan Framework. Namun anda tetap perlu mengetahui dasar-dasar HTML. Karena meskipun software tersebut dapat membuat website secara cepat dan menarik, kadang kala anda perlu melakukan perubahan website sesuai keinginan anda, terutama web yang berisi website secara spesifik. Misal, anda membuat sebuah web dengan website yang berisi informasi sebuah perusahaan dimana anda bekerja atau mendapat proyek.
Untuk membuat script HTML hanya dibutuhkan teks editor dan browser. Teks editor yang dapat digunakan adalah notepad, Ms. Word, CuteHTML dan EditPlus. Dalam buku ini penulis menggunakan EditPlus, dimana softwarenya telah ada dalam CD. Untuk browser, bisa menggunakan Internet Explorer, Nescape Comunicator, Mozilla-Firefox, Opera dan lainnya. Agar file HTML  dapat berjalan pada browser harus disimpan dengan ekstensi .html atau .htm.
HTML merupakan script yang tidak ditulis secara utuh. Perbedaannya jika script harus di embeded dengan script lain agar dapat dieksekusi misal HTML, XML, Javascript, PHP. Jika program adalah kumpulan perintah yang dapat berdiri tersendiri dan dapat dieksekusi langsung misal Turbo Pascal atau C++.

0 Response to "Apa Itu HTML ?"

Posting Komentar