Artificial intelligent menurut ahli

Terdapat suatu bidang keilmuan yang paling penting saat ini dan akan datang adalah ilmu tentang Kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini adalah suatu bidang ilmu komputer yang sangat diperlukan dalam mengaplikasikan komputer cerdas.(Yan, 1994) Perangkat yang dibutuhkan pada Bidang ini telah dikembangkan pada kurun waktu abad 20 ini, utamanya pada pada industry dan rumah tangga.

Kecerdasan buatan yang dalam bahasa asing Artificial intelligent ini, mempunyai arti : “intelligence” adalah bahasa Latin “intelligo” yang memiliki arti “saya paham”. Sehingga arti intelligence adalah suatu kehandalan dalam mengerti dan melaksanakan aksi. Kecerdasn buatan muncul pada era 1940 an, meskipun pada zaman Mesir kuno sudah dapat diketahui perkembangan ini ada. Perhatian ada pada kemampuan komputer mamppu meniru kecerdasan manusia.(Leave, Freeman and Skapura, 1992)

Seorang ilmuwan pada abad 17, seorang ilmuwan yang bernama Rene Descartes menyampaikan bahwa tubuh hewan bukanlah sesuatu yang mudah tetapi berupa mesin mesin yang rumit. Pada tahun 1642 tercipta suatu mesin digital yang dipergunakan untuk menghitung mekanis pertama. Sedangkan Charles Babbage dan Ada Lovelace melakukaan penghitungan dengan bahasa pemrograman, akhirnya muncul mesin penghitung mekanis yang dapat di program.(Fausett, 1993) Principia Mathematica ini melakukan perombakan logika formal diterbitkan oleh Bertrand Russell dan AN Whitehead. Begitu juga para ilmuwan – ilmuwan lainnya. Secara grafis dapat dilihat pada data dibawah ini : 

 a. Pada tahun 1950 an merupakan periode masa aktif dalam AI. 

b. Tahun 1951 program kecerdasan buatan pertama yang dipergunakan untuk mengoperasionalkan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): 

c. Christopher Strachey menulis Program permainan naskah dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. 

d. Istilah kecerdasan buatan ini dibuat oleh John McCarthy pada tahun 1956, dia juga mengembangkan bahasa pemrograman LISP. 

e. Turing test ditemukan oleh Alan Turing untuk mengoperasionalkan Test Perilaku cerdas. 

f. ELIZA dibangun oleh Joseph Weizenbaum, sebuah chatterbot yang menerapka psikoterapi Rogerian. 

g. Pada antara 1960-1970, ada pendemonstrasian kekuatan pertimbangan simbolis yang diperuntukkan dalam proses integrasi program Macsyma. Demonstrasi ini dilakukan oleh Joel Moses. Hal ini sukses diterapkan pada bidang Matematika. 

h. Teori percepton pada batas jaring syaraf tiruan yang dikeluarkan oleh Marvin Minsky dan Seymour Papert

0 Response to "Artificial intelligent menurut ahli"

Posting Komentar